Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian
Muga muga urung tau, ning Wis tau kwehh ya ngapura, aja di Patak Sendal

Olih sing blog sebelah
Quote:Tulisan ini saya persembahkan
untuk para guru, orang tua,
siswa-i dan masyarakat yang
peduli tentang pendidikan
matematika.
Mungkin Anda sedikit bingung dengan Judul yang saya tulis. Bagaimana mungkin kita bisa
menyelesaikan soal perkalian
tanpa harus bisa perkalian.

Misalkan 12 x 23 = …..

Sejenak kalau difikirkan
tentunya kita harus tahu
perkalian 2 x 3 = (berapa?)
Disini akan saya jelaskan
bagaimana menyelesaikan
masalah tersebut tanpa harus
bisa perkalian.

Saya katakan ini merupakan
masalah, kenapa ?
1. Apabila Anda berprofesi
sebagai guru tentunya sulit
sekali menjelaskan kepada
anak didik menuju perkalian
yang lebih bersifat kompleks.
Misalnya : 231 x 32 = ……
2. Orang tua juga pasti
bingung untuk mendampingi
putra/inya ketika belajar di
rumah sebab bingung
bagaimana cara membantu
anaknya untuk menyelesaikan
persoalan tersebut (maklum
orang tuanya mungkin juga
tidak begitu mahir urusan
perkalian)
3. Dan lain lain…(silahkan
tambahkan sendiri)
Suatu ketika saya pernah
sharing dengansalah seorang
orang tua siswa tentang
masalah belajar yang dihadapi
anaknya. Kalau digambarkan
tentang apa yang kami
bicarakan kurang lebih seperti
ini:
Quote:Orang Tua : Mas, anak saya
kelas 6 SD, jujur saja dalam
hal perkalian dia bisa
dikatakan tidak bisa sama
sekali…..
Saat ini kan sudah
menjelang Ujian Nasional.
Nah….Bagaimana Cara
mengatasinya…..
H’mmad : Idealnya siswa kelas
6 SD sudah mahir
menyelesaikan operasi
perkalian, namun perlu kita
lihat lagi operasi perkalian
seperti apa yang belum begitu
dikuasainya……
Orang Tua: Kalau perkalian
satu digit angka bisa saja,
namun jika sudah perkalian 2
digit angka dan seterusnya
baru dia kebingungan……..
Hammad : Kalau seperti itu
masalahnya tidak begitu
parah…… sama halnya dengan
anak yang tidak bisa
mengalikan angka 2 dan 3 (2 x
3 = ……?). Tau tidak yang
lebih parah apa?
Orang Tua : Apa mas ?
H’mmad : Yang lebih parah
apabila siswa kelas 6 SD tidak
mengenal angka 1,2,3 dst…..
Orang Tua : he…he….
Jadi,punya cara khusus untuk
membantu anak saya….?

Dari percakapan santai disela-
sela istirahat jam bimbingan di
Primagama, saya jelaskan
kepada anak beliau dan beliau
sendiri cara yang mungkin
agak berbeda, namun efektif
membantu anak yang punya
masalah dengan perkalian.
Caranya seperti ini:
--------------------------
Misalkan soalnya seperti ini:
12 x 32 = ……
Setiap angka digambarkan
dalam bentuk garis .
Angka 12 ; 1 dan 2 garis (beri
jarak) ke arah kanan atas
Angka 32 : 3 dan 2 garis (beri
jarak) ke arah kanan bawah
Sehingga akan terbentuk
gambar seperti ini:
[Image: belajar-perkalian.jpg]

Perhatikan titik potong pada
pertemuan setiap garis (saya
perjelas dengan titik hitam).
Sekarang hitunglah banyak
titik pada setiap bagian.
Nah…. Banyak titik
merupakan hasil perhitungan
dari operasi perkalian 12 x 32
yaitu 384
--------------------------
Percaya atau tidak
percaya….Ini nyata ! Semoga
bermanfaat. Kritik dan
sarannya harap disampaikan,
jangan dipendam dalam
hati….Kalau terpendam lama
bisa karatan (mending kalo
jadi barang antik).
Salam sukses Luar biasa !
Bagaimana untuk perkalian 5
x 23 = ……. Dan 35 x 21 =…….
(saya yakin Anda pasti bisa)

sumber
Es Teh
Dari hp, oleh hp, dan untuk hp
Reply


Messages In This Thread
Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian - by asad-yy - 27-03-2011, 09:34 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)