Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Delat Maning Desane Barez Ilang Jon, Pimen Kyeh?
SURADADI – Abrasi di Pantai Utara kini kian menghawatirkan. Bahkan dua bangunan sekolah di Suradadi, di antaranya MTs Al Fatah dan SMA Muhamadyah Suradadi dan puluhan rumah warga terancam tengelam akibat abrasi yang kian menggerus daratan. Keberadaan bangunan sekolah dan rumah warga kini jaraknya dengan bibir pantai hanya sekitar 5 meter.

Wandi (40) warga setempat mengatakan bahwa bibir pantai dulunya dengan daratan sangatlah jauh. Yakni sekitar 15 meter dari daratan, termasuk jarak antara dua bangunan sekolah maupun pemukiman warga yang kini sudah padat.

"Namun bertambahnya tahun, hingga kini memasuki bulan Agustus tahun 2010, gerusan laut terus mendekati daratan. Dan kini diperkirakan antara bibir pantai dengan bangunan sekolah termasuk rumah warga sekitar lima meter," katanya.

Terpisah, salah satu guru MTs Al Fatah Suradadi Mabrur, mengatakan bahwa bangunan sekolahnya dulu pernah terendam oleh air laut, karena memang jarak terlalu dekat.

"Upaya dari sekolah sendiri mengantisipasi hal itu kami pernah memasang bambu yang ditanam ke dasar tanah, namun seiring dengan tahun yang bertambah dan kini membuat bambu- yang ditanam kini malah hilang," bebernya.

Menurutnya, pihak sekolah juga sudah berkordinasi maupun melaporkan kejadian alam yang ada kepada dinas terkait. Termasuk saat ada kegiatan pengawasan sekolah, masalah abrasi yang mengancam sekolahnya termasuk SMA Muhamdyah Suradadi sudah disampaikan.

"Dulu jarak antara bibir pantai dengan daratan termasuk bangunan sekolah kami sekitar 15-20 meter. Namun memasuki tahun 2010 jarak antara bibir pantai dengan bangunan belakang sekolah sekitar 5 meteran. Dan kondisi seperti ini jelas membuat kami khawatir. Terlebih siswa-siswi kami juga yang mencapai ratusan murid," bebernya.

Ditambahkan, untuk antisipasi awal pihaknya juga terus menggiatkan adanya kegiatan penanaman pohon di belakang sekolah. Hal ini untuk memperlambat gerak abrasi yang terus mengancam, agar tidak begitu cepat menggerus. Termasuk sambil menunggu proses solusi dari dinasi terkait maupun pemerintah Kabupaten Tegal sendiri. (gus)

sumber: http://www.radartegal.com/index.php/Abra...Parah.html


Bar maca & neleng kiye apa sing dirasakan sedulur? miriskah? trus kira2 pan ana gerakan aksi insidental apa rutinitas sing "Jaba Dudu Dhewek Sapa Maning Jon?" ning ana yuh angkati. gagian.. mumpung kiye lagi musim tanam bakau. Mumpung nandur bakau kuwe murah meriah. Mumpung desane kang bares durung dadi Atlantis: The Lost Village..
"Nang TCC Tempate Nulis, Medang, Ndopok, Seduluran..."
Reply
wah tambah cilik bae pulau jawa yah
yuh tcc ngadakna menanam bersama, nggo nylametna desa ne um barez Ngikik
ben ora dadi suradadi the lost village Guling-Guling
yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya...
Reply
jarene umahe um Barez nang Demangharjo?
bisane suradadi
........::::::::::Threading Motivator ::::::::::........
Reply
desa demangharjo kecamatane suradadi


desa suradadi ya ana
mbuh kiye nang berita suradadi sebelah ndi Ngukuri batuk
road to
6666th
Reply
lah iya kan suradadine gaje
adong beritane 'Demangharjo dilanda abrasi' nah kue tembe
........::::::::::Threading Motivator ::::::::::........
Reply
melas nemen keh um barez.
pantura juga terancam
Reply
btw... um barrez lg ap yah? Ngikik maning
Kamu tak perlu memiliki segalanya untuk bahagia, karena yang kamu butuh hanya seseorang yang mampu buatmu tersenyum disaat terluka.
Reply
#8
emang aq lagi ndeleng daerah pemalang ---> terus2an (sejauh mata memandang), bener2 gundul jon..

langkah solutif e sapengetahuan e aq nembe nandur manggrove, cuma detail teknise aq durung patia berpengalaman, kyk waktu tandur e kapan, ngrawat e pben, mupuki ne pben, aq durung ana bayangan, regane bibit e pira, trus total duit sing dietokna pira, sapa bae sukarelawan calon peraih piala lingkungan hidup sing gelem nandur, mein report dll.

mungkin pemecah gelombang bsa dijadikan alternatif liane, tp ya mbuh aq rung patia paham, n ndean sing pemecah gelombang kiye butuh duit akeh, namun dengan menanam manggrove akan banyak hal positif sing muncul, seperti produksi oksigen, tempat ngumpulnya biota laut lain dll.

semoga sing neng ngisore aq ngepost e sing aq durung aq ngerti Amin
Our Long Journey Has Just Begun
Blog : Benihime
Reply
(05-11-2010, 07:33 AM)auzhee Wrote: lah iya kan suradadine gaje
adong beritane 'Demangharjo dilanda abrasi' nah kue tembe

brarti beritane mirip TV OON ya zhee???

Terdepan Melebaykan


Guling-Guling
road to
6666th
Reply
#10
(05-11-2010, 06:33 AM)ibnu19 Wrote: desa demangharjo kecamatane suradadi


desa suradadi ya ana
mbuh kiye nang berita suradadi sebelah ndi Ngukuri batuk

salah nu... Demangharjo kwe kecamatane Warurejo Weee

(05-11-2010, 10:01 AM)mendoan_anget Wrote: btw... um barrez lg ap yah? Ngikik maning

Lagi onlen kyeh Ngikik maning

wah um Budio emang bener2 jeli dalam melihat dampak dari perubahan iklim yang ekstrim ini...
seperti yang pernah dulu kita bicarakan... monggo ente bisa ngoordinasi lan nyemangati liyane kon mendukung gerakan tanam bakau TCC

nyong setuju Nyengir
.:: my heart just for one girl ::.
MOZZERO PENYERAP TAR DAN NIKOTIN
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: