Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Inilah Wajah-wajah Nenek Moyang Manusia
#1
sing esih kelingan pelajaran sejarah..
kiyeh ana gambar2e tentang manusia purba..
cekidot

DRESDEN, KOMPAS.com — Alkisah, spesies manusia pertama kali muncul di Afrika dan kemudian menyebar ke seluruh penjuru Bumi. Dalam penyebarannya, proses evolusi berlangsung menyesuaikan dengan tempat tinggal serta gaya hidup.

Ada beragam fosil nenek moyang manusia alias manusia purba yang ditemukan. Namun, banyak penemuan tak disertai dengan gambaran wajah manusia purba yang sebenarnya. Alhasil, manusia saat ini pun kesulitan membayangkan leluhurnya.

Sebuah pameran di Dresden, Jerman, akhir-akhir ini berupaya menyajikan wajah manusia purba yang lebih realistis. Ilmuwan yang ikut terlibat menggunakan teknik digitalisasi komputer untuk menggambarkan 27 wajah manusia purba yang direkonstruksi berdasarkan fosil yang ditemukan.

Salah satu yang digambarkan adalah Sahelanthropus tchadensis. Spesies itu adalah spesies manusia paling purba, hidup 7 juta tahun lalu, sebelum manusia dan simpanse terpisah secara genetik berdasarkan teori evolusi.

Spesies lain adalah Homo rudolfensis yang hidup 2 juta tahun lalu. Berdasarkan hasil rekonstruksi, spesies ini memiliki rahang lebar, hidung pesek, mata relatif sempit, serta dahi kecil.

Tak ketinggalan pula Homo erectus yang hidup 1 juta tahun lalu. Satu teori menyebutkan bahwa spesies ini berasal dari Afrika, lalu bermigrasi ke India, China, dan Jawa. Teori lain menyebutkan bahwa spesies ini berasal dari Asia dan pindah ke Afrika.

Ada pula Homo neanderthalensis yang diperkirakan merupakan kerabat terdekat Homo sapiens, manusia modern. Jenis ini hidup sekitar 60.000 tahun lalu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa manusia modern pernah kawin dengan spesies ini.

Ada banyak versi tentang asal-usul manusia. Teori "Out of Africa" adalah yang paling kuat, tetapi banyak pula tandingannya. Pameran ini berupaya memperkenalkan lokasi penggalian di Afrika dan hasil penelitian para arkeolog dengan cara yang lebih menarik.

Homo rudolfensis (Click to View)
Sahelanthropus tchadensis (Click to View)
Homo erectus (Click to View)
Homo neanderthalensis (Click to View)
sumber
saya suka siomay
Reply
0o ky kwe t0h raite arip Bingung Kyeh
budiman,ngarasa bangga dadi member Forume Wong Tegal lan Sekitare sejak Jan 2012.
Reply
homo erectus murah senyum yah ketone Guling-Guling
sing pengen send KLEPON / klik SUWUN monggoh
sing pengen send SENDAL kudu ana alesan sing pas
Reply
#4
aliran sesat aliran sesat... Awas kowen!

teori evolusi wis runtuh Girang nemen
Reply
Tau maca nang koran mengenai asal manusia purba dari Afrika. Ini berhubungan juga dengan letusan Gunung Toba, sing jarene 74.000 tahun mbiyen tau meletus dahsyat. Kiye salah siji cuplikan seka koran.

"Supervolcano Toba memang gunung super, yang letusannya berdampak global, bahkan dipercaya telah mengubah perjalanan manusia modern (Homo sapiens). Saat Toba meletus, spesies homo sapiens yang menjadi nenek moyang manusia modern nyaris punah. Migrasi terhenti dan mereka terisolasi di suatu tempat di Afrika, seperti yang terekam dalam kemiripan genetika manusia modern di seluruh penjuru dunia.

Inilah periode population bottlenecks yang mengundang tanda tanya para ahli selama puluhan tahun, yang belakangan sering dihubungkan dengan letusan Gunung Toba. Dengan riwayat yang sedemikian hebat ini, sebagian besar masyarakat di nusantara mengenal Danau Toba lebih karena keindahannya semata dan kekayaan budaya masyarakat yang mendiaminya."

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2011/10/...g.Berkisah

Jadi menurut ilmuwan, spesies manusia sing wis ana ning endi2 ning seluruh dunia ngilang/punah gara-gara dampak letusan Gunung Toba (gempa vulkanik, hujan batuan, awan & lahar panas, guguran abu tebal). Alkisah, sing selamat cuma suatu tempat di Afrika. Wallahu'alam. wouowwouow
linus,ngarasa bangga dadi member Forume Wong Tegal lan Sekitare sejak Jan 2012.
Reply
sahelanthropus kayak wong mrengut Ngikik maning
aku WADON,aja dundang kang apamaning um
pesbuke nyong
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)