Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
"Ingat Minggu Dini Hari Ada Supemoon"
Momen langka Supermoon segera hadir. Bagi Anda yang ingin menikmati hangatnya mandi cahaya bulan luangkan waktu untuk keluar rumah tepat Pukul 19.10 GMT atau Minggu (20/03) pukul 02.10 WIB nanti.

Bulan sungguh berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee). Sekitar sejam sebulannya adalah periode ketika bulan mencapai fase puncak purnama. Kombinasi seperti ini (perigee dan purnama) menghasilkan fenomena yang disebut supermoon dan hanya bisa terjadi 18 tahun sekali.

Disebut super karena bulan malam atau dini hari nanti akan terlihat tujuh persen lebih besar dibandingkan purnama biasa, “Atau 14 persen lebih gemuk dibanding purnama ketika bulan dalam posisi terjauh dengan bumi,” kata Thomas Djamaluddin, astronom dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Pendiri Komunitas Astronom Amatir Langit Selatan, Avivah Yamani, menambahkan, cahaya dari supermoon akan lebih terang 30 persen dari purnama biasanya. Kondisi itu memungkinkan pengamat menikmati permukaan bulan sekaligus Planet Saturnus yang berada di dekatnya. “Kawah bulan akan terlihat lebih jelas,” ujar lulusan Pascasarjana Astronomi Institut Teknologi Bandung, itu.

Begitu melimpahnya cahaya bulan nanti, astronom dari Observatorium Bosscha, Evan Irawan Akbar, mengungkapkan, pengamatan menggunakan teleskop yang berdiameter terlalu besar hanya akan membuat mata silau. Dia menyarankan, teleskop berdiamater 10-20 cm, teropong, atau cukup mata telanjang jika langit cerah dan polusi cahaya minim.

Itu sebabnya, Evan menambahkan, Bosscha tak berencana menggelar pengamatan massal atau pengamatan secara khusus. “Karena ini memang peristiwa biasa,” katanya.

Bagi kalangan peramal astrologi, fenomena supermoon dipercaya sebagai pertanda munculnya bencana besar di bumi. Namun kalangan astronom membantahnya karena menganggap itu tidak pernah terbukti. Supermoon terakhir terjadi 8 Maret 1993 dan dikaitkan dengan badai besar di Amerika Utara pada 12-13 Maret. “Itu sama saja mengaitkan supermoon dengan gempa di Jepang seminggu lalu atau kecelakaan hari ini,” katanya.

Satu-satunya dampaknya yang pasti adalah menguatnya efek pasang di laut dan rob. Namun selama ini juga tidak ada catatan kejadian luar biasa akibat kenaikan air laut itu. Hingga semalam, misalnya, gelagat itu belum tampak di pesisir utara Jakarta. Gelombang dan ketinggian air laut terlihat normal. “Masih seperti biasa,” kata Dedi, warga Ancol.

ANWAR SISWADI | DWI RIYANTO

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/...72,id.html
Reply
owh.. kie tioh.... aku pengen ndeleng.. kayong pben ya.. pas malam minggu keh... Salam sayang
Setiap Kesuksesan berawal dari Usaha
Usaha bermula dari Cita - cita
Cita - cita Berawal dari Mimpi
Mimpi Bermula dari Tidur
Tidur dulu ahh..
biar Sukses....
Reply
akhir'e ana sing mosting .. Josss
es teh saiki Rp 1.500,-
pesbuk'e nyonk
Reply
ish mau aku weruh gede sitik pas lg mlaku tumbas pulsa jebulane ana kyeh toh

tembelek ngarti Josss
sing pengen send KLEPON / klik SUWUN monggoh
sing pengen send SENDAL kudu ana alesan sing pas
Reply
lha kye be udan sih katon apa ora kang? Kejem ah..
"Orang sukses adalah orang yang dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada yang istrinya habiskan"
pesbuke enyong
Reply
kayak nang forum sebelah ah Nyengir
road to
6666th
Reply
#7
Kiyeh nyong lagi malam minggu kungkum karo sudarmono (laksonoadi)+ mbah koco..Terus sempet moto wulane sing jarene supermoon... Secara kasat mata sih ora terlalu beda..
Mbokan sih bener2 gede nemen kena dimek.. Ngikik

Jaba sing sering maring guci mungkin paham lokasi pengambilan potone..
Bener, ning jembatan. Mulane kuwe ana wit2an e sing gede nemen pinggir jembatan...

Kaya sing aku ngmng mau, secara ukuran ora katon beda nemen. Aku munggah maring guci jam 12 bengi.. anjog kana jam sijinan.. trus adus kungkum wong 3.. Nang kana mayan rame.. tp ora nemen Nyengir. Nah pas balike sekitar jam 3 dalane padang nemen.. kaya subuh..

Mbokan pengin weruh kemolekane darmono Ngikik
Suwun..
Josss
jaba dudu aku,ya koen oh sing mbangun tegal ^^
Reply
gambare ura numul um masindra tulungg.....
Reply
#9
Numul ah... koneksine ente nean.. Ngikik
Dalah nang halaman pertama ya...
Kuwe supermoon e sing gambar keloro Ngguyu
jaba dudu aku,ya koen oh sing mbangun tegal ^^
Reply
ish temenan koh um ora numul Kejem ah..
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)