Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian
Muga muga urung tau, ning Wis tau kwehh ya ngapura, aja di Patak Sendal

Olih sing blog sebelah
Quote:Tulisan ini saya persembahkan
untuk para guru, orang tua,
siswa-i dan masyarakat yang
peduli tentang pendidikan
matematika.
Mungkin Anda sedikit bingung dengan Judul yang saya tulis. Bagaimana mungkin kita bisa
menyelesaikan soal perkalian
tanpa harus bisa perkalian.

Misalkan 12 x 23 = …..

Sejenak kalau difikirkan
tentunya kita harus tahu
perkalian 2 x 3 = (berapa?)
Disini akan saya jelaskan
bagaimana menyelesaikan
masalah tersebut tanpa harus
bisa perkalian.

Saya katakan ini merupakan
masalah, kenapa ?
1. Apabila Anda berprofesi
sebagai guru tentunya sulit
sekali menjelaskan kepada
anak didik menuju perkalian
yang lebih bersifat kompleks.
Misalnya : 231 x 32 = ……
2. Orang tua juga pasti
bingung untuk mendampingi
putra/inya ketika belajar di
rumah sebab bingung
bagaimana cara membantu
anaknya untuk menyelesaikan
persoalan tersebut (maklum
orang tuanya mungkin juga
tidak begitu mahir urusan
perkalian)
3. Dan lain lain…(silahkan
tambahkan sendiri)
Suatu ketika saya pernah
sharing dengansalah seorang
orang tua siswa tentang
masalah belajar yang dihadapi
anaknya. Kalau digambarkan
tentang apa yang kami
bicarakan kurang lebih seperti
ini:
Quote:Orang Tua : Mas, anak saya
kelas 6 SD, jujur saja dalam
hal perkalian dia bisa
dikatakan tidak bisa sama
sekali…..
Saat ini kan sudah
menjelang Ujian Nasional.
Nah….Bagaimana Cara
mengatasinya…..
H’mmad : Idealnya siswa kelas
6 SD sudah mahir
menyelesaikan operasi
perkalian, namun perlu kita
lihat lagi operasi perkalian
seperti apa yang belum begitu
dikuasainya……
Orang Tua: Kalau perkalian
satu digit angka bisa saja,
namun jika sudah perkalian 2
digit angka dan seterusnya
baru dia kebingungan……..
Hammad : Kalau seperti itu
masalahnya tidak begitu
parah…… sama halnya dengan
anak yang tidak bisa
mengalikan angka 2 dan 3 (2 x
3 = ……?). Tau tidak yang
lebih parah apa?
Orang Tua : Apa mas ?
H’mmad : Yang lebih parah
apabila siswa kelas 6 SD tidak
mengenal angka 1,2,3 dst…..
Orang Tua : he…he….
Jadi,punya cara khusus untuk
membantu anak saya….?

Dari percakapan santai disela-
sela istirahat jam bimbingan di
Primagama, saya jelaskan
kepada anak beliau dan beliau
sendiri cara yang mungkin
agak berbeda, namun efektif
membantu anak yang punya
masalah dengan perkalian.
Caranya seperti ini:
--------------------------
Misalkan soalnya seperti ini:
12 x 32 = ……
Setiap angka digambarkan
dalam bentuk garis .
Angka 12 ; 1 dan 2 garis (beri
jarak) ke arah kanan atas
Angka 32 : 3 dan 2 garis (beri
jarak) ke arah kanan bawah
Sehingga akan terbentuk
gambar seperti ini:
[Image: belajar-perkalian.jpg]

Perhatikan titik potong pada
pertemuan setiap garis (saya
perjelas dengan titik hitam).
Sekarang hitunglah banyak
titik pada setiap bagian.
Nah…. Banyak titik
merupakan hasil perhitungan
dari operasi perkalian 12 x 32
yaitu 384
--------------------------
Percaya atau tidak
percaya….Ini nyata ! Semoga
bermanfaat. Kritik dan
sarannya harap disampaikan,
jangan dipendam dalam
hati….Kalau terpendam lama
bisa karatan (mending kalo
jadi barang antik).
Salam sukses Luar biasa !
Bagaimana untuk perkalian 5
x 23 = ……. Dan 35 x 21 =…….
(saya yakin Anda pasti bisa)

sumber
Es Teh
Dari hp, oleh hp, dan untuk hp
Reply
mantap kehum Josss kena nggo adine aku Ngikik
Reply

..12
..32
----X
..24
36
----+
384

praktiisss cepet ilmiah


Es TehEs TehEs Teh
es teh saiki Rp 1.500,-
pesbuk'e nyonk
Reply
anak2 suka trik sing rafa ora biasa um Ngikik
Reply
Kue tah rumus konvensional ogh... arip

Ning wis apal perkalian tah emang rumus kue luih penak..

Kie tah cara unik sing ora membutuhkan pemahaman perkalian dasar sama sekali, asal apal penjumlahan be bisa... Mendem
Dari hp, oleh hp, dan untuk hp
Reply
inpo Josss meong lur
enyong nembe ngarti ana cara aya iye
Es Teh
life is short
pray hard or play more
fataamal
bismillah,niat ingsun tobat
Reply
(27-03-2011, 10:38 PM)asad-yy Wrote: Kue tah rumus konvensional ogh... arip

Ning wis apal perkalian tah emang rumus kue luih penak..

Kie tah cara unik sing ora membutuhkan pemahaman perkalian dasar sama sekali, asal apal penjumlahan be bisa... Mendem

apa kwe konvensional??? Palu2nan
es teh saiki Rp 1.500,-
pesbuk'e nyonk
Reply
info apik kyeh lur...
Sebenere cara cara kaya kiye ya apik. tapi asline tah sing dikarepna, menungsa bisa berhitung nganggo rumus. dang kabeh nganggo cara kaya kiye ndean ra papa, tapi aning dewekan....yakin malah katon "aneh". makane bocah kuwe kudu diajari mengenal angka, ngarti operasi berhitung sederhana nganti meningkat berhitung sing rada ruwet.

ibarate wong ora belajar mbaca Al-Qur'an tapi pengine langsung bisa mbaca, akhire nganggo terjemahan apa translate sing bahasa indonesia. begitu nyekel Al-qur'an sing laka bahasa indonesia-ne?????????? ting tong ting tong ting tong.."aneh" dewek.

aning bocah ra diajari "perkalian", tuli dipakani cara kaya kiye akhire ra isa "perkalian". ngartine penjumlahan tok. cara kaya kiye tergantung "aplikasi"ne, aja sembarang dipakana bocah. ora nambah pinter malah bocah dadi "aneh". PISS
andri_1801,ngarasa bangga dadi member Forume Wong Tegal lan Sekitare sejak Oct 2010.
Reply
iya kweh adong diwein cara kilat kyk kye tp ra diwarahi perkalian sing bener ya ngko malah dadi anehMendem

tp kye joss ka carane Josss
"Orang sukses adalah orang yang dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada yang istrinya habiskan"
pesbuke enyong
Reply
#10
Sekedar share sih orapapa jon jek..
tapi ya kuwe, secara pribadi.. pendapate aku juga sepakat karo liyane..
Solusi, tapi nggawe bocahe ora gelem sinau..
Trus ora kebayang jaba lagi ujian.. kuwe nembe bilangan sing angkane kecil,
pime jaba 99 kali 87 misale.. Ngikik
kiye bocah ndarani kemplung oh daning pengawase.. lagi ujian malah nggaris2.. Ngikik
garise akeh nemen maning... malah dadi ruwed bin keder...
jaba dudu aku,ya koen oh sing mbangun tegal ^^
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)