Reting Dopokan:
  • 0 meon suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
02-03-2012, 02:51 PM,
Posting: #1
Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
sedurunge biyasa njaluk ngapura bokan ana sing kesinggung, nyong duwe pemikiran kaya kiye dudu moni nyong sesat atau apa, insyallah nyong esih wong lempeng, mung ana unek2 tentang peribadatan kita seorang muslim.
cekidot!
Kutip: Seorang muslim khususnya laki-laki wajib melaksanakan sholat jumat, bahkan meninggalkan sholat jumat sampai 3 kali berturut-turut bisa dianggap kafir atau keluar dari Islam (mohon masukan kalau salah).
Dalam prosesi sholat jumat ini diwajibakan didahului dengan khotbah jumat, khotbah jumat ini hukumnya wajib untuk didengarkan, bahkan pernah dengar dalam suatu riwayat bahwa menertibkan orang yang berisik sendiri waktu jumatan itupun tidak boleh, apalagi brisik. intinya disaat khotbah dimulai, semua jamaah harus terpusat pada khotbah, tidak boleh ada yang lain.
Namun akhir taun belakangan ini, kekhusyukan jamaah jumat dalam mendengarkan khotbah agak sedikit terganggu. yaitu terganggu oileh adanya buletin jumatan. buletin jumatan ini dibagikan kepada setiap jamaah setiap akan memasuki masjid untuk beribadah sholat jumat, buletin dibagi sebelum pelaksanaan sholat jumat dan sebelum khotbah dimulai.
Pembagian buletin ini maksudnya mulia sekali memang, dengan buletin ini diharapkan ilmu agama bisa tersebar ke keluarga yang di rumah yang mungkin tidak sholat jumat, bisa juga memuat pelajaran agama yang lebih luas yang kurang waktunya bila dijelaskan melalui khotbah jumat yang sebentar. yang disayangkan dari buletin ini adalah pembagiannya. buletin ini dibagi sebelum pelaksanaan khotbah, sehingga banyak dari jamaah yang membaca buletin tersebut disaat khotbah berlangsung. benar memang terdapat tulisan jangan dibaca saat khotbah disetiap buletin jumat. tapi siapa yang tidak tergoda dengan buletin jumat yang baru saja didapatnya yang kiranya sekilas dilirik mata isinya menarik tentang ajaran agama yang barangkali belum kita ketahui? siapa saja orangnya biasanya akan sangat tertarik dengan apa yang namanya barang baru, apalagi ditambah rasa ksifat keingin tahuan yang diiliki manusia, sudah barang tentu mayoritas jamaah membaca buletin jumatan itu disaat buletin itu baru didapatkan yaitu yang waktunya bersamaan dengan waktu khotbah.
Sekali lagi bukan saya melarang buletin jumat, tetapi meyangkan saja waktu pembagiaannya, sekedar memberikan solusi mungkin lebih baik buletin itu dibagikan setelah selesai sholat jumat saan para jamaah mulai akan pulang meninggalkan masjid, mungkin itu lebih bijak, sehingga kemungkinan jamaah untuk lebih fokus pada khotbah lebih besar, kekhusyukan jamaah dalam mendengarkan khotbahpun lebih terjaga.

ini sekedar pemikiran saya, kalau sependapat ya tidak mengapa, kalau berpeda pendapat ya jangan menjadikan perbedaan ini sebagai ajang permusuhan, kita semua bersaudara.

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to tahuaci for this post
02-03-2012, 08:10 PM,
Posting: #2
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
nang beberapa masjid sing nyong satroni ya, ora model nawani kok, cuma ya balik maning maring pribadine dewek. angger niate sholat jum'at ya salah sijine mendengarkan khotbah dari khotib. dudu moni baca bulletin mingguan kaya kuwe. nyong ya kadang jukut, tapi angger wis rampung jum'atan. lan kuwe di gletakna, dudu dibagikna. Mikir nembe ngarti malah ana model kaya kie. :)

suwun pendapate um tahuaci. masalah seperti kie memang kadang mengurangi ke khusyukan kita dalam beribadah. tapi untuk menimba ilmu, boleh lah. asal benar pada penempatan dan penerapannya dalam kehidupan Josss
This is Real life, so. Deal with it.

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to yono for this post
02-03-2012, 08:44 PM,
Posting: #3
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
tunggale kotak amal jalan pas lg khotbah ya? Ngikik maning
"Orang sukses adalah orang yang dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada yang istrinya habiskan"
pesbuke enyong

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to ayiep_wawan for this post
02-03-2012, 09:41 PM,
Posting: #4
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
(02-03-2012, 08:10 PM)yono Tulis: nang beberapa masjid sing nyong satroni ya, ora model nawani kok, cuma ya balik maning maring pribadine dewek. angger niate sholat jum'at ya salah sijine mendengarkan khotbah dari khotib. dudu moni baca bulletin mingguan kaya kuwe. nyong ya kadang jukut, tapi angger wis rampung jum'atan. lan kuwe di gletakna, dudu dibagikna. Mikir nembe ngarti malah ana model kaya kie. :)

suwun pendapate um tahuaci. masalah seperti kie memang kadang mengurangi ke khusyukan kita dalam beribadah. tapi untuk menimba ilmu, boleh lah. asal benar pada penempatan dan penerapannya dalam kehidupan Josss
pokoke intine yen pan ana buletin ya takmir masjid olehe ngetokna mengko bae yen sholat jumat wis rampung, aja sedurunge jumatan, begitu Es Teh
(02-03-2012, 08:44 PM)ayiep_wawan Tulis: tunggale kotak amal jalan pas lg khotbah ya? Ngikik maning
yen kotak amal lagi khotbah ta nyong ra ngerti hukume um Nyengir

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to tahuaci for this post
02-03-2012, 10:00 PM,
Posting: #5
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
menurutku tergantung orangnya, jangankan dengerin khutbah, sholat aja susah banget khusyuk, apalagi dengerin khutbah, tanpa buletin itu belum tentu semua dengerin khutbah, bisa aja ada yg ngelamun, mbayangin sesuatu, ngantuk dsb Nyengir
tapi klo buletin dibagikan pas selesai shalat jumat ada benarnya jg, tapi mungkin pikir orang yg mbagi, orang2.a udh pada keburu pulang, jd banyak yg gak kebagian Es Teh

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to leeya87 for this post
03-03-2012, 07:28 AM, (Postingan kiye terakhir diubah : 03-03-2012, 07:31 AM {2} daning auzhee. Edit Reason: )
Posting: #6
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
kayane akehe modele njukut iz ora dibagi.. ning masjid biasa aku jumatan di srogna tok ning pintu masuk.. pan njukut ya monggoh..ora ya belih papa..
mbariken wis ana tulisane gede nemen ning ngisore kertas.. dilarang dibaca selama khotbah berlangsung

mana2 balik maning karo jamaahe.. pan ngrungokna khotbah apa ora.. sg jelas redaksi wis menghimbau dgn tulisan yg sangat 'mencolok' mata Ngikik

dan yen pgn mbaca sdrge khptbah ya teka masjidr digasiki ben bisa maca sit Juragane
........::::::::::Threading Motivator ::::::::::........

Add Thank You
[+] 1 user says Thank You to auzhee for this post
03-03-2012, 01:20 PM, (Postingan kiye terakhir diubah : 03-03-2012, 06:29 PM {2} daning Trojan Horse. Edit Reason: )
Posting: #7
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
Mbuh kue Ora ngerti Kayong Jarang ngonangi.. SoaLe nyong dong mangkat Jumatan, Mangkat TeLat baLik Ndisiti! Gedeg-gedeg Tapi kayane tah pernah weruh,, Kae ya sing bentuke kaya undangan?! Undangan WaLimahan mbuh sunatan! Kaya kue Lah bentukeee?! Ora ngerti
Contoh2 Skripsi wis Numpuk,, Kyeh didoli bae wiz mana Monggoo

Add Thank You
03-03-2012, 02:29 PM,
Posting: #8
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
neng mesjid kampus ana bulletin tapi neng header'e tulisane "bukan untuk dibaca saat khotib bla bla bla..........."

Add Thank You
03-03-2012, 03:19 PM,
Posting: #9
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
intine kwe sing dadi masalah kwe ora khusuk kan? adong jare aku tah buletin ora terlalu ganggu, wong adong wonge waras ya mesti ora diwaca pas khotbah koh wong ana tulisane, aku malah seringe keganggu kotak amal sing jalan... walaupun sedelat mestine dewek melu ndorong kotak amal kwe, kwe sing kadang gawe ora konsen ngrungkona khotbah, lg ngrungokna ujug2 ana kotak lewat.... kye enyong dewek lho, mbuh liyane.. mulane jare aku adong pan infaq ya manding langsung mlebukna kotak amal ngarepe lawang masjid, aja nunggu kotak amal ider, lg ngrungokna khotbah kudu ngrogoh2 sak ana apa Ngikik
"Orang sukses adalah orang yang dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada yang istrinya habiskan"
pesbuke enyong

Add Thank You
03-03-2012, 05:54 PM,
Posting: #10
RE: Tak Setuju Konsep Pembagian Buletin Jumatan
(03-03-2012, 07:28 AM)auzhee Tulis: kayane akehe modele njukut iz ora dibagi.. ning masjid biasa aku jumatan di srogna tok ning pintu masuk.. pan njukut ya monggoh..ora ya belih papa..
mbariken wis ana tulisane gede nemen ning ngisore kertas.. dilarang dibaca selama khotbah berlangsung

mana2 balik maning karo jamaahe.. pan ngrungokna khotbah apa ora.. sg jelas redaksi wis menghimbau dgn tulisan yg sangat 'mencolok' mata Ngikik

dan yen pgn mbaca sdrge khptbah ya teka masjidr digasiki ben bisa maca sit Juragane
emang bener akehe digletakna tok eben pada njukut dewek2, tapi kenapa digletaknane sedurunge jumatan atao sedunge khotbah??? kenapa ora sawise sholat jumat rampung ana petugas sing langsung ngetokna buletin kuwe. insyallah wonge durung pada balik, kan biyasane doa atawa dzikir ndisit.

tulisan mencolok mata kuwe sekedar formalitas, neng kenyataane ya tulisan kuwe diwaca saat khotbah bersamaan dengan isi buletinnya, spa sihsing ora tergoda karo bacaan sing anyar atau sing ilmune anyar, kenyataan sing tak temoni neng lapangan akehe kaya kuwe, pada maca buletin meskipun sekilas PISS

Add Thank You


Maring Forum:


Hubungi Kami | Forume Wong Tegal lan Sekitare | Menduwur | Maring Konten | Mobile Version | Sindikasi RSS